Sumber www.ekon.go.id

Apresiasi Dukungan Federation of European Sporting Goods Industry, Menko Airlangga Singgung Percepatan Penyelesaian IEU-CEPA

16 Jun 2023 19:54

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
HM.4.6/209/SET.M.EKON.3/06/2023

Apresiasi Dukungan Federation of European Sporting Goods Industry, Menko Airlangga Singgung Percepatan Penyelesaian IEU-CEPA

Jakarta, 16 Juni 2023

Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi kemajuan sporting goods industry di Uni Eropa. Ekspor produk apparel and footwear olahraga Indonesia ke Uni Eropa tercatat terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, bahkan nilai ekspor di tahun 2022 mampu membukukan nilai sebesar 3,8 miliar euro atau lebih besar dibandingkan nilai ekspor sebelum periode Covid-19 yang mencapai 2,9 miliar euro.

Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Delegasi Federation of European Sporting Goods Industry (FESI) yang dipimpin langsung oleh Presiden FESI Neil Narriman dan didampingi oleh Sekjen FESI Jerome Pero di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, Kamis (15/06).

Kedua pihak juga menyepakati bahwa penyelesaian Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) sangat penting dan timely bagi upaya peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Uni Eropa, khususnya untuk industri produk olah raga yang mana trend dan outlook-nya sangat positif dan terus meningkat.

“Harapannya, pembahasan substansi perundingan IEU-CEPA dapat segera diselesaikan pada akhir tahun ini, sesuai dengan komitmen kedua kepala negara dalam pertemuan bilateral di sela-sela rangkaian kegiatan KTT G7 Outreach di Hiroshima beberapa waktu lalu. Untuk itu peran FESI sangat penting dalam rangka mendorong percepatan penyelesaian perundingan IEU-CEPA yang akan memasuki putaran ke-15 pada bulan Juli mendatang,” tegas Menko Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga berbagi mengenai hasil kunjungan Joint Mission ke Brussels, Belgia pada akhir Mei 2023 bersama Malaysia untuk menyampaikan concern negara-negara produsen komoditas kelapa sawit dan beberapa komoditas lainnya termasuk kayu dan karet, terhadap kebijakan baru Uni Eropa yakni European Union Deforestation-Free Regulation (EUDR) yang dinilai diskriminatif dan menghambat akses pasar produk-produk komoditas Indonesia ke Uni Eropa.

Kedua pihak juga sepakat berkolaborasi untuk menyusun peta jalan peningkatan industri sporting goods industry di Indonesia yang berpotensi menciptakan jutaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Menko Airlangga juga berharap agar sporting goods industry yang saat ini bergerak di Kawasan Asia lainnya dapat mendiversifikasikan supply chain-nya ke Indonesia dengan meningkatkan investasi guna memajukan perekonomian nasional.

Indonesia sendiri juga telah melakukan sejumlah reformasi struktural untuk menciptakan positive investment climate dan sekaligus meningkatkan ease of doing business.

Dalam kaitan ini, pihak FESI diharapkan dapat berperan dan menjadi ‘jembatan’ dengan pihak Uni Eropa guna meyakinkan arti penting IEU-CEPA bagi industri dan kalangan swasta kedua negara, khususnya yang bergerak di sektor produk sporting goods.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan FESI kepada Pemerintah Indonesia terhadap sporting goods industry Indonesia, serta desakan dan dorongan FESI kepada pihak Komisi Eropa untuk dapat bersama-sama menyelesaikan Perundingan IEU-CEPA,” pungkas Menko Airlangga.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional, Tim Ahli Menko Perekonomian, Staf Khusus Menko Perekonomian, Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika dan Timur Tengah Kemenko Perekonomian, dan sejumlah perwakilan perusahaan anggota FESI seperti Adidas dan Nike, serta Presiden dan Komisaris Triputra Group (fwh/frn//ns/dep7/fsr).

***

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, & YouTube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh