Profil Deputi VII (Kerja Sama Ekonomi Internasional)

Deputi VII (Kerja Sama Ekonomi Internasional)

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional 

( Dr. Edi Prio Pambudi, S.E., MA )

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2020 tentang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional (Deputi VII) mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan serta pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang kerja sama ekonomi internasional. 

Deputi VII menyelenggarakan fungsi:

  1. koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang kerja sama ekonomi internasional;
  2. pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yang terkait dengan isu di bidang kerja sama ekonomi internasional;
  3. pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang kerja sama ekonomi internasional; dan
  4. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Struktur Organisasi Deputi VII terdiri atas:

  • Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Asia / Sekretaris Deputi;
  • Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika, dan Timur Tengah; 
  • Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Amerika dan Pasifik;
  • Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Regional dan Sub Regional;
  • Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral. 

Profil Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional

Edi Prio Pambudi (Edi) ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Selain itu, Ia juga mengemban amanat sebagai Staf Ahli Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa, dan Sumber Daya Alam sejak 2020 dengan tugas memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian terkait dengan bidang konektivitas, sektor jasa, dan sumber daya alam. Sejak 2021, Edi mendapat tugas sebagai Co-Sherpa G20 Indonesia dan Koordinator Harian I Bidang Sherpa Track Presidensi G20 Indonesia 2022 berdasarkan Keputusan Presiden RI. 

Edi pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Kemaritiman (2019-2020), Asisten Deputi Moneter dan Neraca Pembayaran (2015-2019), Kepala Bidang Moneter (2013-2015), dan Kepala Bidang Analisa Kebijakan Moneter (2009-2013) pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sebelumnya, Edi juga pernah bekerja di Kementerian Keuangan sejak 1995 hingga 2009. Terkait Forum G20, Edi pernah bertugas sebagai delegasi dan ketua delegasi RI untuk Employment Working Group (EWG) di Saint Petersburg (2013), Antalya (2015), China (2016), dan Hamburg (2017).

Edi mendalami bidang Economic Diagnostics, Econometrics dan Forecasting, Keuangan Publik, Keuangan Digital dan Development. Beberapa pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti antara lain di Cape Town, Praha, Brussel, dan Singapura. Edi memperoleh Doctor in Economics dari Universitas Indonesia (2014), Master of Arts in Economics dari University of Colorado (2001), dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Jember Indonesia (1994). Dalam bidang akademik, saat ini Edi sebagai pembimbing pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan pengajar pada School of Strategic and Global Studies Universitas Indonesia, serta tim pakar pada Dewan Ketahanan Nasional.

Edi mendapat anugerah penghargaan Satyalancana Karya Satya X (2008) dan XX (2016) dari Presiden RI. 

Bagikan di | Cetak | Unduh