Sumber ekon.go.id

Tingkatkan Kompetensi Pejabat Publik dalam Menghadapi Dinamika Ekonomi, Kemenko Perekonomian Gelar Pelatihan Makro Ekonomi

14 Mar 2024 10:28

Sebagai salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan wawasan pejabat publik mengenai dasar-dasar makro ekonomi dalam menghadapi dinamika ekonomi global dan tantangan yang semakin kompleks, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bekerja sama dengan PROSPERA menyelenggarakan Pelatihan “Macroeconomics for Practitioners di Lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian”. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 21-23 Februari 2024 tersebut diikuti oleh pejabat fungsional ahli muda dan ahli pertama di lingkungan Kemenko Perekonomian.

Pembukaan acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan Evita Manthovani  dan Senior Adviser PROSPERA Raksaka Mahi. Dalam sambutannya, Karo Evita menyampaikan agar para peserta diharapkan untuk berpartisipasi aktif sehingga dapat memahami transmisi dampak dari suatu kebijakan yang sedang disusun maupun dimonitoring pelaksanaannya terhadap kondisi perekonomian nasional.

“Setiap proses perumusan, implementasi, hingga monitoring dan evaluasi kebijakan di Kemenko Perekonomian dapat fokus pada dampak ekonomi dari kebijakan tersebut, khususnya terhadap Indikator Kinerja Utama (IKU) organisasi saat ini yaitu Pertumbuhan PDB, Tingkat Inflasi, dan Neraca Perdagangan. Hal ini tentu membutuhkan keahlian dalam menganalisis dari sisi ekonomi karena itu SDM Kemenko Perekonomian perlu terus meningkatkan pengetahuan di bidang ekonomi,” ungkap Karo Evita.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk menghadapi perubahan yang terjadi di tingkat makro dan membantu kita semua dalam melaksanakan tugas pekerjaan sesuai sehari-hari khususnya di Kemenko Bidang Perekonomian. (Rocan/dfm/fsr)

***

                                                                                
                                                   


Bagikan di | Cetak | Unduh