Sumber ekon.go.id

Inisiasi Program Ketahanan Kebencanaan, Pemerintah Pusat Gandeng Pemerintah Daerah Percepat Pemulihan Pasca Bencana

13 Jul 2022 13:39

Pemerintah menginisiasi berbagai program ketahanan kebencanaan dan pemanfaatan teknologi. Program-program tersebut anntara lain Sistem Manajemen Kelangsungan Usaha/Usaha Kawasan (SMKU/SMKUK), Pengembangan Implementasi Kebijakan Building Code, Kota Tangguh Bencana, Pemanfaatan Teknologi Energi Baru Terbarukan, Proyek Satelit Multi Fungsi, khususnya di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan (3T).

Untuk mendorong penerapan program tersebut, Asisten Deputi Ketahanan Kebencanaan dan Pemanfaatan Teknologi Kemenko Perekonomian Muksin mengunjungi langsung dan berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, (6/07). Hal tersebut dilakukan karena Sulawesi Barat memiliki wilayah yang terdampak gempa dan berpotensi tsunami beberapa waktu lalu yaitu Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

“Melihat risiko bencana geologi yang tinggi di provinsi ini, Pemerintah mendorong pemulihan pasca bencana di Sulawesi Barat agar dapat dilakukan dengan cepat,” ujar Asdep Muksin.

Dari diskusi tersebut diketahui bahwa selain gempa bumi, Kabupaten Mamuju dan Majene juga berpotensi tsunami dan banjir bandang (multi-hazard). Oleh karena itu, saat ini telah disusun kembali Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulawesi Barat dengan mempertimbangkan rekomendasi pemetaan risiko bencana dari BNPB dan BMKG yang ditargetkan rampung pada akhir 2022 ini.

Belajar dari pengalaman terhadap bencana yang terjadi, Pemda Provinsi Sulawesi Barat juga berkomitmen untuk memprioritaskan penanganan kebencanaan dalam RKPD 2023.  Hal ini dilakukan karena meskipun Sulawesi Barat memiliki ancaman multi-hazard, Sulawesi Barat juga dianugrahi dengan potensi Energi Baru Terbarukan seperti energi angin/bayu dengan kapasitas 0,5-1 megawatt.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat juga menyambut baik program yang diusung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan siap menindaklanjuti hasil diskusi tersebut yakni salah satunya tentang peningkatan kapasitas (capacity building) pemangku kepentingan terkait dalam ketahanan kebencanaan dan pemanfaatan teknologi. (dep6/ltg/fsr)


Bagikan di | Cetak | Unduh