Sumber ekon.go.id

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Terus Akselerasi Pelaksanaan Vaksinasi

17 Sep 2021 17:25

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
HM.4.6/282/SET.M.EKON.3/09/2021

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Terus Akselerasi Pelaksanaan Vaksinasi

Kotabaru, 17 September 2021


Penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin membaik. Hal ini terbantu dengan penyelenggaraan vaksinasi di seluruh penjuru tanah air. Pelaksanaan vaksinasi terus digencarkan guna mencapai herd immunity pada akhir tahun ini, sehingga pandemi Covid-19 dapat segera teratasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat terus dijaga.

Per 14 September 2021, Provinsi Kalimantan Selatan berada pada level asesmen 3 dengan transmisi komunitas yang telah menurun ke tingkat 2. Terdapat 4 Kabupaten/Kota yang telah mencapai lebih dari 90% target testing yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Tanah Bumbu, dan Banjar. Namun, hingga saat ini masih ada 6 Kabupaten/Kota dengan capaian testing ≤ 50%, dimana 3 capaian testing terendah yakni Hulu Sungai Tengah (30,23%), Kotabaru (28,17%), dan Barito Kuala (12,48%).

Dalam rangka memastikan pelaksanaan vaksinasi terselenggara dengan baik, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Negara, Riset dan Inovasi Montty Girianna bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Ganip Warsito melakukan peninjauan penyelenggaraan vaksinasi yang berlokasi di Clubhouse Sinarmas, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada Jumat (17/09).

Sedikitnya terdapat 2.000 akseptor dari segala usia yang turut mengambil bagian dalam kegiatan ini. Para akseptor merupakan warga yang datang dari 9 desa di Kecamatan Plumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini merupakan penyelenggaraan vaksinasi gelombang pertama. Jenis vaksin yang digunakan kali ini yakni Sinovac dengan jumlah 2.000 dosis vaksin. Bekerja sama dengan TNI AL, diharapkan ke depannya pelaksanaan vaksinasi ini dapat menjangkau hingga 10.000 warga masyarakat sekitar.

Capaian vaksinasi di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 22,43% masih berada di bawah capaian nasional yakni 36,57% dan berada di peringkat ke-25 secara nasional. Merujuk data tersebut, vaksinasi harus semakin digencarkan dan diharapkan agar Bupati/Wali Kota dapat terus memacu pelaksanaan vaksinasi agar Provinsi Kalimantan Selatan dapat segera pulih dari pandemi Covid-19.

Gubernur Kalimantan Selatan Sabhirin Noor juga menyampaikan bahwa sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi di Kalimantan Selatan khususnya di Kotabaru. Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan juga membutuhkan bantuan dari pusat untuk menjaga ritme dan mempercepat penanggulangan Covid-19.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, Panglima Komando Armada II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Supian, Bupati Kotabaru Sayed Jafar beserta Wakil, Ketua Eka Tjipta Foundation Hong Tjhin, Managing Director Sinarmas Saleh Husin, CEO Perkebunan Sinarmas 3 Suryanto Bun, dan Direktur PT SMART Harry Hanawi. (map/fsr)

***


Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto

Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, & Youtube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia

 


Bagikan di | Cetak | Unduh