Sumber ekon.go.id

Pemulihan Ekonomi Bali Melalui Bali Maritime Tourism Hub (BMTH)

02 Jun 2021 19:07

KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
No. HM.4.6/128/SET.M.EKON.3/06/2021


Pemulihan Ekonomi Bali Melalui Bali Maritime Tourism Hub (BMTH)
Jakarta, 2 Juni 2021


Pemerintah terus mendorong pemulihan ekonomi Bali. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Pengembangan Usaha BUMN, Riset dan Inovasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Montty Girianna dalam kunjungan kerjanya mewakili Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto pada proyek Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Tanjung Benoa, Senin (31/5).

Proyek yang dikelola PT Pelindo III ini, diharapkan dapat mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui kebangkitan pariwisata Bali. “Proyek ini kami harapkan dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata di Bali yang terdampak akibat pandemi,” ujar Montty.

Montty bersama Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo, meninjau pelabuhan yang diklaim akan mampu menampung kapal pesiar (cruise) berukuran 350 meter. Kapal ini memiliki kapasitas hingga 6.000 penumpang.

Proyek yang juga termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres 109/2020 ini, ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2023. “Pada bulan Mei ini progres konstruksi sudah mencapai 36%”, jelas Wahyu. Wahyu juga menambahkan bahwa BMTH telah dimasukkan kedalam program prioritas RPJMN 2020 – 2024.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengapresiasi rencana pengembangan BMTH di Pelabuhan Tanjung Benoa Bali oleh PT Pelindo III dalam rangka mendukung pariwisata dan perekonomian di Bali. Menjadi harapan bersama agar pariwisata di Bali segera bangkit dan pemulihan ekonomi segera terwujud.

“Kami atas nama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sangat mengapresiasi pengembangan BMTH ini. Semoga nantinya mampu menarik wisatawan domestik dan internasional untuk membangkitkan perekonomian Bali”, pungkas Montty.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, para pejabat eselon dua dari Kemenko Bidang Perekonomian diantaranya Asisten Deputi Niaga dan Transportasi Ahmad Bastian Halim, Asisten Deputi Utilitas dan Industri Manufaktur Sunandar, serta Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Suroto yang dalam kunjungan ini disambut oleh Direktur Utama PT. Pelindo III, Boy Rubianto. (dep3/ag/fsr/hls)

***


Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Haryo Limanseto


Website: www.ekon.go.id
Twitter, Instagram, Facebook, & Youtube: @PerekonomianRI
Email: humas@ekon.go.id
LinkedIn: Coordinating Ministry for Economic Affairs of the Republic of Indonesia


Bagikan di | Cetak | Unduh