Sumber ekon.go.id

Hadapi Pandemi, Pemerintah Ajak Masyarakat Terus Berdoa dan Berusaha

14 May 2020 15:22

Pandemi Covid-19 telah membuat dunia berusaha keras untuk melakukan perbaikan. Selain berbagai usaha lahiriah yang telah dilakukan, tidak lupa Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat juga senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Selain berikhtiar dengan usaha lahiriah, kita juga wajib ikhtiar dengan usaha batiniah,” tutur Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada acara Doa Kebangsaan dan Kemanusiaan TVRI (14/5), Jakarta.

Presiden mengajak masyarakat untuk berdoa agar diberikan kesabaran dan menerima musibah dengan lapang dada. Ia juga berdoa agar masyarakat Indonesia dapat selamat dan dapat melewati ujian ini.

Presiden pun berpesan kepada masyarakat agar menghilangkan rasa cemas, menjauhkan diri dari ketakutan yang berlebihan, menghidupkan sifat optimistis, membangkitkan empati, dan menumbuhkan solidaritas sosial.

“Hadapi ujian ini dengan tenang dan sabar, kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat, dan kesabaran adalah titik tolak kesembuhan,” pesan Presiden Jokowi.

Melalui untaian puisi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga turut berdoa agar masyarakat Indonesia dapat melalui musibah pandemi Covid-19. Puisi bertajuk "Hanya Kepada Engkau" yang dibawakan Menko Airlangga mengajak kita semua untuk berdoa dan meminta kebersihan jiwa kepada Allah subhana wataala. "Anugrahkan kami terang, jauhkan dari bimbang. Hanya dengan ridha-Mu, hidup menjadi berkah dan tenang", ucap Menko Airlangga dalam puisinya.

Turut berpartisipasi dan berdoa dalam acara ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Fachrul Razi, serta para pemuka agama. (kun/iqb)

***

Pembacaan puisi oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dapat diakses melalui link sosial media berikut

Instagram
https://www.instagram.com/p/CAKf1W0l8iC/?igshid=179cjfhd1ghnb

Twitter
https://twitter.com/perekonomianri/status/1260865850623488005

Facebook
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1189604568047207&id=293485624325777


Bagikan di | Cetak | Unduh