[Siaran Pers] - Pentingnya SNI Bagi Produk IKM, Tingkatkan Daya Saing Hingga Perluas Akses Pasar
Rabu, 20 November 2019 - 23:02
[Siaran Pers] - Pentingnya SNI Bagi Produk IKM, Tingkatkan Daya Saing Hingga Perluas Akses Pasar
Sumber gambar : ekon.go.id
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA
 
SIARAN PERS
No. HM.4.6/146/SET.M.EKON.2.3/11/2019
 
Pentingnya SNI Bagi Produk IKM, Tingkatkan Daya Saing Hingga Perluas Akses Pasar
 
Jakarta, 20 November 2019
 
Derasnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menuntut setiap produk untuk semakin memiliki daya saing tinggi. Terlebih, kini dunia industri kita tengah memasuki era Industri 4.0.
 
“Produk yang tidak berkualitas akan sulit bersaing dengan produk lain yang memiliki kualitas yang lebih baik,” tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidato kunci pada acara Standar Nasional Indonesia (SNI) Award 2020, di Jakarta (20/11).
 
Oleh karena itu, lanjut Airlangga, penerapan standar menjadi elemen penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing produk nasional dan memperluas akses pasar global. Standar digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu, efisiensi produksi, memperlancar transasksi perdagangan, serta mewujudkan persaingan usaha yang sehat dan transparan.
 
“Demi menunjang semua itu infrastruktur mutu nasional sangat dibutuhkan untuk meningkatkan penerapan SNI di Indonesia,” ujar Menko Airlangga. Ia berharap, kemitraan antara Pemerintah dan pihak swasta terus dilakukan demi memperkuat infrastruktur mutu nasional.
 
Pemerintah juga berperan sebagai menjadi fasilitator dan katalisator bagi tumbuhnya iklim usaha yang kondusif. Hal ini guna  untuk meningkatkan kualitas produk barang dan jasa agar mampu menguasai pasar domestik dan pasar global, “khususnya kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM). Sebagai salah satu roda penggerak perekonomian nasional, IKM perlu diberikan pembinaan untuk pemenuhan standar agar mampu bersaing dengan produk impor,” imbuhnya.
 
Sebagai apresiasi bagi pelaku usaha yang secara konsisten menerapkan SNI dan memiliki kinerja yang sangat baik, Pemerintah melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan SNI Award. SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya.
 
“Melalui SNI Award ini saya harap produsen, konsumen, dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu,” tutur Airlangga. Ia pun mengapresiasi para peraih penghargaan dan berharap dengan diberikannya penghargaan SNI Award tersebut, pelaku usaha menjadi lebih semangat untuk melakukan perbaikan demi kinerja yang lebih baik lagi.
 
Kepada BSN, Menko Airlangga tak lupa menyampaikan apresiasinya. “Selamat atas penyelenggaraan SNI award yang tahun ini sudah memasuki tahun ke-15,” tutur Airlangga.
 
Turut hadir dalam acara ini Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Kepala Badan Standardisasi Nasional Bambang Prasetya, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali serta para pelaku usaha partisipan SNI. (kun/iqb)
 
***
 
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Hermin Esti Setyowati
 
Website: www.ekon.go.id
Twitter& Instagram: @perekonomianRI       
Email: humas@ekon.go.id
Siaran Pers Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Siaran Pers TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan