Hak Koreksi atas Berita bertajuk “70 Juta Orang Indonesia Masih Pengangguran”
Senin, 05 Agustus 2019 - 15:55
Sehubungan dengan artikel berita di situs berita merdeka.com dan liputan6.comyang terbit padaSabtu, 03 Agustus 2019, dalam berita bertajuk “70 Juta Orang Indonesia Masih Pengangguran”, dengan tautan sebagai berikut:
 
Berdasarkan Undang-Undang nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, pasal 5 ayat (3), maka kami perlu memberi tanggapanberupa Hak Koreksi sebagai berikut:
 
  1. Terdapat kesalahan informasi yang dimuat dalam judul dan isi berita tersebut.Di situ disebutkan bahwa:
“Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan saat ini tingkat pengangguran di Indonesia masih cukup tinggi, berada di level 5 persen. Walau lebih baik dari sejumlah negara tetangga, tapi jumlah pengangguran di Indonesia masih cukup banyak yakni sekitar 70 juta orang”.
 
  1. Selanjutnya juga disampaikan kutipan langsung yang menyebut "Walau masih lebih baik dari beberapa negara, namun kalau kita melihat jumlah pengangguran di Indonesia lumayan tinggi, hampir sekitar 70 juta yang menganggur".
 
  1. Informasi di atas merupakan informasi yang salah dan menyesatkan. Menurut catatan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Tingkat pengangguran terbuka di indonesia adalah 5,01 persen per Februari 2019, atau sekitar 6,82 juta orang. Artinya, jumlahnya bahkan kurang dari 7 juta orang, bukan 70 juta orang sebagaimana diberitakan.
 
  1. Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon pihak redaksi grup merdeka.com dan liputan6.com lebih berhati-hati dalam menuliskan berita,guna mengurangi potensi disinformasi dan dampak negatifnya terhadap kondisi perekonomian nasional. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selalu mendukung pemberitaan yang akurat dan mencerdaskan publik.
 
Demikian tanggapanHak Koreksi ini kami sampaikan, untuk dimuat dan diperlakukan sebagaimana peraturan yang berlaku.
 
Jakarta, 05 Agustus 2019
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
 
Hermin Esti Setyowati
 
Government Public RelationsLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Publikasi TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan