Sesmenko Perekonomian Ajak Akademisi Terlibat Dalam Perumusan Kebijakan Ekonomi
Rabu, 10 Juli 2019 - 10:47
Sesmenko Perekonomian Ajak Akademisi Terlibat Dalam Perumusan Kebijakan Ekonomi
Sumber gambar : ekon.go.id
Pemerintah mengharapkan berbagai masukan dan saran serta referensi dari kalangan akademisi dalam berbagai perumusan kebijakan pemerintah, khususnya di bidang ekonomi. Dengan demikian, kebijakan yang dihasilkan nantinya diharapkan menjadi lebih jernih, tajam, dan komprehensif. 
 
"Selain itu, masukan dan saran dari perspektif akademis akan membuat kita semua merasa memiliki, engagement-nya akan meningkat, serta timbul kehendak untuk mengawal bersama jalannya kebijakan tersebut. Ini tentu berdampak positif terhadap efektivitas kebijakan itu sendiri", ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat menyampaikan pidato kunci di acara Diseminasi Outlook Perekonomian 2019 di IPB Convention Centre, Bogor (10/7).
 
Susiwijono juga mendorong adanya forum yang efektif mewadahi para akademisi guna berdiskusi dua arah dengan Pemerintah. 
 
"Kalangan akademik tentu akan lebih jernih memandang persoalan. Selain itu, isu aktual yang dihadapi akan menjadi lesson-learned yang sangat berguna guna didiskusikan di ruang kelas, dibahas bersama para mahasiswa. Merekalah yang nantinya akan menjadi pengambil kebijakan di masa yang akan datang", imbuh Susiwiyono.
 
Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor Nunung Nuryantono menekankan perlunya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).
 
"Ini sebenarnya sudah mulai dijawab pemerintah melalui kebijakan pengembangan vokasi yang juga digagas Menko Perekonomian", ujar Nunung. Menurutnya, inovasi teknologi tidak akan berdampak banyak tanpa SDM yang mumpuni. 
 
Selain itu, Nunung juga menggarisbawahi perlunya paradigma green growth dalam kerangka sustainable development. Ia mengutip gagasan ekonom William Nordhaus yang meraih penghargaan Noble 2018, bahwa komponen lingkungan merupakan salah satu kunci keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.
 
Turut hadir sebagai narasumber dalam acara Diseminasi ini, antara lain Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Daerah dan Sektor Riil Kemenko Perekonomian Ferry Irawan, Kepala Grup Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter Juli Budi Winantya, Kepala Departemen Ilmu Ekonomi IPB Sahara, serta Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Fithra Faisal. Acara ini dimoderatori oleh Tri Kunawangsih, Dosen Ekonomi IPB. (iqb/iqb)
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Ekonomi Makro dan KeuanganLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan