Pembangunan Infrastruktur Hingga SDM Menjadi Fokus Pemerintah Saat ini
Kamis, 02 Agustus 2018 - 17:51
Pembangunan Infrastruktur Hingga SDM Menjadi Fokus Pemerintah Saat ini
Sumber gambar : ekon.go.id
KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN
REPUBLIK INDONESIA
 
Pembangunan Infrastruktur Hingga SDM Menjadi Fokus Pemerintah Saat ini
 
Jakarta, 02 Agustus
 
Perekonomian dunia yang sedang mengalami tekanan akibat perang dagang Amerika Serikat - China, ditambah dengan mulai masuknya tahun politik memberikan dinamika tersendiri bagi perekonomian Indonesia.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan, tahun politik dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian, seperti meningkatnya konsumsi masyarakat.
“Ekonomi ditahun politik dapat positif seperti tingkat konsumsi masyarakat karena pengeluaran dari peserta pemilu juga lebih bervariasi,” tutur Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memberikan keynote speech dalam acara Business Lunch “Waspada Ekonomi Indonesia di Tahun Politik”.
 
Selain itu, tambah Wapres JK, tahun ini fokus di infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) di tahun depan.
“Peningkatan kapasitas SDM seperti pendidikan vokasi diperlukan agar SDM kita mampu bersaing pada persaingan global," tambah Wapres Jusuf Kalla.
 
Hal senada diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Tiga tahun pertama pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dalam membangun infrastruktur itu hal yang tepat.
 
“Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla di tiga tahun pertama yang fokus kepada infrastruktur merupakan pilihan yang tepat. Pada saat itu, perekonomian dunia tengah mengalami perlambatan. Sementara, pembangunan infrastruktur termasuk dalam Non tradable goods yang dampaknya akan lebih terasa kalau ekonomi sedang melambat,” terang Darmin.
 
Lebih lanjut, Darmin menjelaskan, belakangan ini perekonomian global sudah berubah seperti revolusi industri 4.0. Maka, selain pembangunan infrastruktur fokus lainnya adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar geliat pertumbuhan ekonomi global dapat terjaga ditengah kondisi ekonomi yang membaik.
 
“Kedepan ekonomi dunia membaik, pemerintah pun telah mengimplementasikan sistem perizinan terintegrasi secara elektronik yaitu Online Single Submission (OSS) kemudian, insentif fiskal seperti tax allowance dan tax holiday, selain itu focus mengembangkan SDM. Semoga ini menjadi kombinasi yang baik dalam membangun perekonomian,” jelas Darmin.
 
Turut hadir dalam acara ini Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Banak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riswinandi, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani, serta para pelaku usaha.(ekon)
***
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Hermin Esti Setyowati
email: humas.ekon@gmail.com
twitter: @perekonomianRI
website: www.ekon.go.id
 
 

Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Ekonomi Makro dan KeuanganLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan