Menko Darmin Himbau BUMN Turut Andil Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi
Rabu, 03 Oktober 2018 - 12:00
Menko Darmin Himbau BUMN Turut Andil Dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi
Sumber gambar : ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution, resmi membuka gelaran Indonesia Business & Development Expo (IBDexpo) 2018, Rabu (3/10), di Surabaya.
 
Dalam sambutannya Menko Darmin memberikan beberapa arahan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu dibutuhkan konsolidasi antar BUMN agar dapat mengambil peran untuk menghadapi dinamika ekonomi global seperti yang terjadi sekarang ini.
 
“Kita perlu merumuskan kembali kebijakan ekonomi kita untuk menjawab perang dagang yang terjadi saat ini”, kata Menko Darmin.
 
Lebih lanjut Menko Darmin menjelaskan, terdapat dua peran besar yang bisa diambil oleh BUMN. Pertama, BUMN harus menggiatkan investasi dan meningkatkan ekspor. Kedua, BUMN harus berperan aktif dalam memperbaiki kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi.
 
“Peningkatan ekspor, tambah Menko Darmin, akan membantu menyeimbangkan defisitnya neraca perdagangan yang berdampak pada merosotnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Sedangkan peran BUMN sangat dibutuhkan untuk memberikan keterampilan kerja bagi lulusan pendidikan vokasi,” imbuh Menko Darmin.
 
Sebagai penutup Menko Darmin berpesan agar Kementerian BUMN turut andil dalam konseptual pendidikan vokasi, karena BUMN adalah bagian dari dunia Usaha.
 
“Kalau kita tidak bersiap menghadapi perubahan - perubahan ini, akan tertinggal dengan negara – negara lain,” tutup Menko Darmin.
 
IBDexpo 2018 sendiri akan digelar mulai tanggal 3 Oktober hingga 6 Oktober 2018 dan diikuti lebih dari 100 BUMN di Indonesia. Selain Pameran produk-produk BUMN, IBDexpo 2018 juga memiliki beberapa kegiatan unggulan, yaitu CEO BUMN Talks yang merupakan kegiatan diskusi panel membahas isu strategis maupun bestpractices yang telah dicapai BUMN.
 
Kemudian ada kegiatan Business Matching yakni sarana pertemuan one on one meeting antara buyer dan seller; serta ada Product Launching dan Best Innovation Product, pemecahan rekor MURI, Festival Kopi Nusantara, juga pameran rumah kreatif BUMN dan Rumah Pangan Kita.
 
Selain itu terdapat juga BUMN Career Opportunity yang membuka kesempatan bagi mereka yang tertarik bekerja di BUMN. (ekon)
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan MenengahLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan