Majukan Infrastruktur Untuk Pemerataan Ekonomi
Kamis, 19 Oktober 2017 - 05:58
Majukan Infrastruktur Untuk Pemerataan Ekonomi
Sumber gambar : ekon.go.id
Lampung - Keberhasilan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari kebijakan pemerintah. Paket-paket kebijakan pemerintah berupa pembangunan infrastruktur, memperkuat daya saing, memperkuat ekonomi ekonomi, memperkuat kawasan pariwisata di seluruh wilayah indonesia dengan dukungan kebijakan pemerataan ekonomi.
 
Pernyataan tersebut mengemuka dalam keynote speech Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat membuka Seminar Nasional dan Sidang Pleno Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) ke XIX di Lampung (18/10).
 
Seminar dan Sidang Pleno ISEI kali ini bertajuk "Terobosan Mengatasi Kesenjangan Ekonomi". Hadir Ketua Umum ISEI sekaligus Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad, Gubernur Provinsi Bandar Lampung Muhammad Ridho Ficardo, pemerintah daerah setempat, dan anggota ISEI seluruh Indonesia.
 
Di awal sambutannya, Menko Perekonomian menjelaskan saat ini Indonesia hidup dalam suatu lingkungan perekonomian dunia yang belum pulih. Hal ini berdampak pada perekonomian Indonesia. Namun sejak 2016 sampai sekarang pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin membaik. 
 
“Pemerintah terus mencoba mencari kesempatan agar Indonesia tak terseret ke dalam kemerosotan perekonomian, salah satunya melalui pembangunan infrastruktur. ” lanjutnya.
 
Darmin juga menjelaskan tiga kelompok kawasan industri yang harus dikembangkan agar infrastruktur Indonesia dapat berkembang, yaitu kawasan industri ekonomi khusus, kawasan industri pariwisata dan kawasan industri sektor ketenagalistrikan.
 
Ketua ISEI Muliaman D. Hadad menjelaskan persoalan kesenjangan dapat dikatagorikan menjadi dua hal yaitu persebaran tingkat pendapatan antar individu dan persebaran tingkat pendapatan antar wilayah
 
ISEI berpendapat untuk mengatasi kesenjangan antar individu perlu memperkuat implementasi kebijakan yg beriorientasi kepada masyarakat luas seperti menyediakan pelatihan-pelatihan keterampilan untuk membina masyarakat. 
 
Sementara itu, upaya untuk mengatasi kesenjangan antar wilayah dapat dilakukan dengan mewujudkan pembangunan dalam segala aspek secara adil dan menyeluruh. 
 
"Kami mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memfokuskan pembangunan infrastruktur di luar Pulau Jawa", tambah Ketua ISEI
 
Dalam rangkaian acara Seminar dan Sidang Pleno ISEI XIX ini, Darmin dan Muliaman sebelumnya juga menghadiri penganugrahan Lampung CSR Awards 2017. (ss)
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Sekretariat Kemenko PerekonomianLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan