KTT IORA 2017: IORA Business Summit Rajut Kerjasama Perekonomian
Senin, 06 Maret 2017 - 21:33
KTT IORA 2017: IORA Business Summit Rajut Kerjasama Perekonomian
Sumber gambar : ekon.go.id
Salah satu agenda penting yang digagas oleh Indonesia sebagai tuan rumah KTT IORA 2017 adalah penyelenggaraan IORA Business Summit. Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan dan menjalin kerja sama perekonomian antar negara-negara di kawasan Samudera Hindia.  IORA Business Summit akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin siang (6/3) di Jakarta Convention Center, Jakarta.
 
IORA Business Summit akan dihadiri oleh perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri dari masing-masing negara anggota IORA. Agenda pertemuan ini disambut antusias oleh kalangan pengusaha dan pebisnis. Hal tersebut terbukti dengan tingginya antusiasme para CEO yang ingin mengikuti pertemuan tersebut. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, “Awalnya perkiraan kami hanya sekitar 150 peserta, tetapi sekarang jadi 300 peserta.”
 
Mendag Enggartiasto Lukita juga menjelaskan dalam IORA Business Summit nantinya juga akan ada deklarasi bersama antara chamber of commerce dari seluruh negara anggota IORA dan akan ditindaklanjuti dengan pembahasan mengenai kegiatan-kegiatan usaha yang bisa digali bersama, baik dari sisi perdagangan maupun dari sisi investasi.
 
Dalam tinjauan lapangan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk meninjau persiapan KTT IORA hari Sabtu (4/3), dalam konferensi persnya Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, “Baru pertama kali antara pimpinan negara dengan pimpinan dunia usaha bisa berada dalam kegiatan yang sama, dalam satu forum yang sama. Kawasan ini menjadi masa depan dunia, begitu besar potensinya”. 
 
IORA Business Summit yang menjadi salah satu agenda utama dalam rangkaian KTT IORA 2017 merupakan sebuah terobosan agar dapat menjadi langkah nyata untuk mewujudkan potensi kawasan yang selama ini belum tergarap optimal. Dalam agenda Business Summit akan ada pertemuan government to government yang membahas payung kerja sama secara umum dan forum business to business yang akan lebih konkret mewujudkan kerja sama saling menguntungkan. IORA Business Summit dinilai akan menjadikan IORA sebagai landasan ekonomi dunia di masa depan.
 
Mengawali gelaran IORA Business Summit, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan keynote speech dengan tema “Indian Ocean Rim Cooperation towards a Prosperous and Sustainable Future”. Setelahnya terdapat dua sesi; Pertama, peningkatan perdagangan dan investasi melalui penguatan dan globalisasi industri kecil menengah di wilayah Samudera Hindia, dan  Kedua, penguatan wanita dalam bisnis melalui inovasi, konektivitas digital, dan akses terhadap keuangan. Sejumlah nama yang akan bertindak sebagai featured speaker di sela-sela  sesi antara lain, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed, dan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull. (YRN – Humas Kemensetneg)
Berita Terkaitrss
Informasi tidak ditemukan
Kerjasama Ekonomi InternasionalLainnyarss
Informasi tidak ditemukan
Berita TerbaruLainnyarss
Informasi tidak ditemukan